Quote dari Nelson Mandela
yang Menginspirasi :


Siapa yang tidak kenal dengan Nelson Mandela? Pria yang sempat menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dari tahun 1994-1999 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk memerangi penindasan. Mulai dari memberantas kemiskinan, rasisme, kesenjangan, hingga mendorong rekonsiliasi rasial.
Dan kini, meski pria yang sering dijuluki sebagai “Father of a Nation” itu telah tiada, namun beberapa quote-nya bisa kita jadikan inspirasi yang dapat diterapkan ke dalam dunia politik, PR, komunikasi, atau sisi kehidupan lainnya.

1.  Mengerti orang lain.
Nelson Mandela mengajarkan, bahwa untuk mendapat dukungan dari khalayak, Anda harus masuk ke dalam hati dengan menggunakan bahasa yang mereka pahami. Bukan dengan memaksa mereka mengerti apa yang Anda katakan.

“If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his language, that goes to his heart.”

“Jika Anda berbicara dengan orang lain dan ia mengerti, itu akan masuk ke kepalanya. Namun jika Anda berbicara dengan bahasanya, itu akan masuk ke hatinya.”

 

2.  Membaur dengan khalayak.
Sebagai pemimpin, Anda harus bisa mengetahui kebutuhan khalayak. Caranya, Anda harus berbaur dengan mereka. Di sinilah kecerdasan komunikasi dan sifat rendah hati Anda diuji. Jika Anda berhasil melakukannya, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang sangat dibutuhkan.

“You don’t have that idea when you are arrogant, superficial, and uninformed.”
“Anda tidak akan memiliki ide selama diselimuti oleh arogan, dangkal, dan kurang informasi.”

3. Tidak hanya cerdas.
Menurut Nelson Mandela, kecerdasan dan kebaikan hati akan menjadi senjata yang ampuh untuk menjadi seorang pemimpin. Tapi tidak hanya itu, Anda juga harus bisa bertutur kata yang baik, lisan maupun tulisan.

“A good head and good heart are always a formidable combination. But when you add to that a literate tongue or pen, then you have something very special.”
“Kepala dan hati yang baik selalu jadi kombinasi yang tangguh, tapi ketika Anda menambahkan lidah dan pena yang terpelajar, maka Anda memiliki sesuatu yang istimewa.”

4. Akui kesalahan.
Dalam hal apapun, terkadang seseorang selalu merasa dirinya benar dan tidak mau mengakui kesalahan. Namun tidak bagi Mandela, menurutnya sangat penting untuk berani mengakui kesalahan dan memperbaikinya.

“Unlike some politicians, I can admit to a mistake.”
“Tidak seperti beberapa politisi, saya bisa mengakui kesalahan.”

5. Tidak ada yang mustahil.
Terkadang kita merasa memiliki pekerjaan atau bahkan mimpi yang dianggap mustahil, padahal tidak selalu demikian. Setidaknya setelah mencoba, Anda akan tahu berhasil atau tidaknya, tapi jika Anda menyerah, hasilnya sudah dapat dipastikan bahwa itu akan gagal. You will never know before you try....

“It always seems impossible until it’s done.”

“Selalu tampak mustahil sebelum kita mencoba mengerjakannya."

”Nelson Mandela adalah presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan yang meninggal pada hari Kamis, 5 Desember 2013 di rumahnya pada usia yang ke 95. Sebelum wafat, Mandela adalah pria yang keranjingan menulis dan public speaking. Dan kelima hal diatas adalah quote yang pernah di utarakan oleh beliau semasa hidupnya.

Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela menginspirasi banyak orang lewat kata-kata dan perbuatannya. Meskipun dia sudah meninggal dunia, selama hidupnya banyak perkataannya yang menginspirasi banyak orang. Berikut ini adalah kalimat yang dia keluarkan yang dirilis oleh usatoday.com selama hidup Mandela yaitu :

1) "Difficulties break some men but make others. No axe is sharp enough to cut the soul of a sinner who keeps on trying, one armed with the hope that he will rise even in the end."
Kesulitan bisa membuat orang lain patah semangat, namun bisa membuat yang lainnya bangkit. Jadi kalau kesulitan itu diibaratkan kapak, tidak ada kapak yang cukup tajam yang bisa memotong jiwa seorang pendosa yang terus berusaha, dimana satu tangannya berpegang pada harapan bahwa suatu saat dia akan bangkit pada akhirnya.

2) "It always seems impossible until it's done."

Saat kita melakukan sesuatu, memang terkadang terasa mustahil. Menurut Mandela, hal itu akan selalu terlihat mustahil sebelum kita mencoba mengerjakannya., saat itu kita akan mengetahui bahwa kita bisa melakukannya.

3) "If I had my time over I would do the same again. So would any man who dares call himself a man."
"Mandela berpendapat bahwa dia akan tetap melakukan hal yang sama jika diberi kesempatan banyak, sampai ada orang-orang yang memanggil dirinya sendiri manusia".

4) "I like friends who have independent minds because they tend to make you see problems from all angles."

Secara pribadi, Mandela pernah mengatakan bahwa dia menyukai teman-teman yang punya pikiran mandiri. Mereka dapat membuatnya melihat masalah-masalah yang ada dari berbagai sisi.

5) "Real leaders must be ready to sacrifice all for the freedom of their people."

Pemimpin sejati harus siap berkorban untuk semua kebebasan orang-orang (yang dibawahi)-nya. Mandela menjadi seorang pemimpin yang mau berkorban demi sesuatu / seseorang yang dia sayangi.

6) "A fundamental concern for others in our individual and community lives would go a long way in making the world the better place we so passionately dreamt of."

Menurut Mandela, perhatian yang mendasar kepada orang lain di dalam kehidupan pribadi maupun sosial kita akan bertahan lama yaitu dengan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik sehingga kita bergairah meraih mimpi itu.

Benarlah apa yang dikatakan sebuah pepatah, dimana manusia mati akan meninggalkan nama. Nama seorang Nelson Mandela dikenal tidak hanya dari perkataan-perkataannya namun juga oleh perbuatannya. Untuk melihat perkataannya yang lain,

7) "Everyone can rise above their circumstances and achieve success if they are dedicated to and passionate about what they do."

Jika selama ini kegagalan mengikuti kita, ini perkataan Mandela yang dapat kita camkan :
"Setiap orang bisa bersinar melampaui dari apa yg telah dimilikinya dan mencapai kesuksesan, selama dia mau berdedikasi dan bergairah dalam melakukan apapun yang seharusnya dapat dia lakukan".

8) "Education is the most powerful weapon which you can use to change the world."

Menurutnya, pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia.

9) "I learned that courage was not the absence of fear, but the triumph over it. The brave man is not he who does not feel afraid, but he who conquers that fear."

Mandela belajar bahwa keberanian bukan karena hilangnya ketakutan, tapi karena berhasil melampaui ketakutan itu. Jadi, seorang pria yang berani bukan berarti dia tidak merasakan takut, tapi dia mampu menaklukkan rasa takut tersebut.

10) "For to be free is not merely to cast off one's chains, but to live in a way that respects and enhances the freedom of others."

Saat kebebasan itu datang bukan semata-mata membuang satu rantai, tapi bagaimana hidup di dalam penghormatan satu sama lain dan meningkatkan kebebasan satu sama lain.

11) "Resentment is like drinking poison and then hoping it will kill your enemies."
Kebencian itu seperti meminum racun yang tidak akan mampu membunuh musuhmu.

12) "Lead from the back — and let others believe they are in front."

Memimpinlah dari belakang – dan biarkan yang lain percaya mereka ada di depan.

13) "Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again."

Nelson pernah berkata :
"Jangan melihat saya dari kesuksesan yang saya raih, namun lihatlah saya dari seberapa-banyaknya saya jatuh dan bangkit kembali,"

14) "I hate race discrimination most intensely and in all its manifestations. I have fought it all during my life; I fight it now, and will do so until the end of my days."

Dengan sepenuh hati, Nelson Mandela pernah mengungkapkan betapa dia membenci diskriminasi ras paling tinggi dan semua hal yang bersangkutan dengan itu. Karena itu, dia berjuang melawan hal tersebut seumur hidupnya dan sampai akhir dia dipanggil Tuhan. Dan dia membuktikan ucapannya ini.

15) "A good head and a good heart are always a formidable combination."

Seseorang dengan akal yang baik dan hati yang baik selalu menjadi kombinasi yang hebat.

Perkataan-perkataan Nelson Mandela ini pada akhirnya membuat dia terkenal, namun juga membuat orang lain mengutipnya. Mandela merupakan seorang pemimpin sejati yang tidak hanya berkata-kata namun juga melakukan apa yang dikatakannya.


"Tak seorangpun yang dilahirkan hanya untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, atau latar belakangnya, ataupun agamanya. Orang harus mempelajari kebencian itu (bukan untuk membenci), dan jika mereka dapat belajar apa itu benci maka tanpa sadar mereka telah diajarkan untuk mencintai, karena cinta datang secara alami ke relung hati manusia bukan sebaliknya." 

========================================================================================================================================

 

 

Nelson Mandela 101 Quotes

Nelson Mandela Quotes :

Nelson Mandela was one of the most inspirational leaders of our times. It is with great sadness that we hear of his death, yet it gives us time to sit back and reflect on all that he achieved and the man that he was. Here’s 101 of the quotes during his lifetime. As a tribute to him, I’ve created an eBook exploring the leadership principles we can learn from Nelson Mandela, along with inspiring quotes and photographs. ‘The Nelson Mandela Way – 21 Principles for Passionate Leaders.’ Additionally, if you’re a blogger and you’re looking for other information and resources about him please see my Nelson Mandela’s Blogger Toolkit.
(Nelson Mandela
 
adalah salah satu pemimpin yang paling inspiratif dari zaman kita.
 Hal ini dengan sangat sedih bahwa kita mendengar kematiannya, namun memberikan kita waktu untuk duduk kembali dan merenungkan semua yang diraihnya dan yang telah dia lakukan. Inilah 101 kutipan selama hidupnya. Sebagai penghormatan kepadanya, saya telah membuat sebuah e-book menjelajahi prinsip-prinsip kepemimpinan kita bisa belajar dari Nelson Mandela, bersama dengan kutipan inspiratif dan foto-foto. "The Nelson Mandela Way -. 21 Prinsip untuk Pimpinan Passionate 'Selain itu, jika Anda seorang blogger dan Anda sedang mencari informasi lainnya dan sumber daya tentang dia lihat saya Nelson Mandela Blogger Toolkit)

Quote 1
“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world”.
"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia". 

Quote 2
“It always seems impossible until it’s done.”
"Selalu tampak mustahil sebelum kita mencoba mengerjakannya."

Quote 3
“The greatest glory in living lies not in never falling, but in rising every time we fall.”
"Kemuliaan terbesar dalam hidup tidak terletak pada tidak pernah jatuhnya, tetapi semampu apakah kita dapat bangkit setiap kali jatuh." 

Quote 4
“For to be free is not merely to cast off one’s chains, but to live in a way that respects and enhances the freedom of others.”
"Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk membuang rantai seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain." 

Quote 5
“Do not judge me by my successes, judge me by how many times I fell down and got back up again.”
"Jangan menilai saya dengan keberhasilan saya, nilailah saya dengan berapa kali saya jatuh dan memulai lagi."